Polri Temukan Lima Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Saat Milad GAM

1
Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto

Jakarta – Pengamat Polisi Bambang Widodo Umar menyayangkan adanya pengibaran lima buah Bendera Bulan Bintang milik Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh, Rabu (3/12) malam menjelang acara ulang tahun kelompok separatis tersebut yang jatuh pada hari Kamis (4/12). Dia berharap agar hal itu diusut dan bila berkaitan dengan separatis, polisi harus segera menindak pihak yang bersangkutan.

“Pengibaran bendera GAM jika ada kaitan dengan separatis ya harus ditindak,” katanya pria yang juga pengajar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) itu singkat saat dihubungi, Jumat (5/12).

Sementara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) belum memberikan keterangan pers nya terkait pengibaran ‎bendera kelompok separatis GAM itu.‎ Pengibaran bendera GAM tersebut diketahui oleh tim patroli gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri saat itu.

‎Bendera itu pun diturunkan saat itu juga.‎ Pasalnya, pengibaran bendera GAM itu memunculkan keresahan publik atas kelompok separatis tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Agus Rianto mengaku dirinya belum mendapatkan informasi ‎terkait hal itu. “Saya belum dapat informasi soal itu, saya kurang tahu,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/12).

Dia menyarankan untuk menanyakan hal itu kepada Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri‎ Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Ronny Franky Sompie. Ronny mengungkapkan bahwa pengibaran dua bendera GAM itu berada di Aceh Utara dan tiga bendera berkibar di Aceh Besar.

‎Ronny melanjutkan bahwa acara ulang tahun GAM itu jatuh pada hari Kamis (4/12) kemarin dan dirayakan secara meriah oleh pendukung kelompok seperatis tersebut. Oleh karena itu kata dia, polisi telah melakukan pengawalan untuk acara GAM tersebut.

Untuk diketahui, ‎kelompok separatis GAM itu dilarang keberadaannya di Indonesia. Pasalnya, GAM bertujuan untuk memisahkan Aceh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca