Pernyataan Sikap HMI Surabaya atas Persidangan Anas Urbaningrum

0

Demo HMI Surabaya

Surabaya – Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) se Surabaya melakukan aksi damai di depan gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di jalan Ahamad Yani Surabaya siang ini, Rabu (24/9). Dalam aksinya mereka mengeluarkan pernyataan sikap atas proses persidangan kasus Anas Urbainingrum yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Pernyataan sikap yang diterima redaksi fren247 siang ini ditanda tangani oleh Hanif Fachrianto, koordinator lapangan dalam aksi yang melibatkan puluhan mahasiswa dari kampus kampus ternama di Surabaya.

Salah satu isi pernyataan sikap tersebut adalah tuntutan kepada sebuah harian terbitan Jakarta untuk meminta maaf kepada institusi HMI. Tuntutan ini disampaikan karena pemberitaan yang ditulis harian tersebut pada tanggal 12 September 2014 mendiskreditkan institusi HMI dengan menulis “saksi-saksi persidangan Anas Urbaningruma adalah Komplotan HMI”

“HMI se-Surabaya menuntut JPU dan HARIAN KOMPAS dalam waktu 1×24 JAM agar meminta maaf kepada institusi HMI, karena dalam kasus ini telah mencederai institusi HMI. Kemudian meminta JPU untuk bekerja secara professional tanpa ada intervensi.” tulis Hanif dalam siaran pers nya.

Hanif yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga, meminta agar persidangan kasus Anas dapat dijalankan dengan seadil adilnya.

Berikut 4 pernyataan sikap HMI se Surabaya yang kami terima :

1. HMI se-Surabaya menuntut JPU dan HARIAN KOMPAS dalam waktu 1×24 JAM agar meminta maaf kepada institusi HMI, karenadalam kasus ini telah mencederai institusi HMI. Kemudian meminta JPU untuk bekerja secara professional tanpa ada intervensi.
2. M. Nazaruddin tidak layak mendapat predikat justice collaborator, untuk kemudian keterangannya tidak dapat dijadikan sebagai fakta persidangan.
3. Menghimbau kepada Majelis Hakim untuk mengadili dan memvonis kasus ini dengan seadil-adilnya tanpa terpengaruh opini masyarakat atau intimidasi dari pihak manapun.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca