Oegroseno Berharap Wanjakti Bisa Kembali Dilibatkan Dalam Pengajuan Calon Kapolri

0
Komjen Pol (Pur) Oegroseno

Jakarta – Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Oegroseno menyayangkan proses pengajuan calon Kapolri ke Presiden beberapa waktu lalu tidak melalui mekanisme Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tertinggi (Wanjakti) Polri seperti berlangsung sebelumnya.

Menurutnya, proses pengajuan calon Kapolri beberapa waktu lalu hanya mengandalkan masukan dari Menko Polhukam bersama Kompolnas.

“Bayangkan, pekerjaan polisi yang sangat sulit dalam menentukan calon, diambil oleh orang lain yang tidak punya data base,” katanya dalam diskusi Kontras dengan tema 100 Hari Jokowi di Jakarta, Selasa (03/02).

Oegro sendiri berharap, proses penentuan calon Kapolri ke depan, akan kembali ditentukan oleh Wanjakti Polri. “Demi organisasi Polri, saya akan pertahankan, proses penentuan Kapolri melalu Wanjakti Polri,” tegasnya.

Dia menambahkan, organisasi polisi adalah organisasi rakyat dan bukan organisasi yang dimiliki oleh partai politik. Sehingga dia menganggap sangat keliru, jika persoalan penentuan Kapolri dibawa kepada partai politik. “Saya akan berteriak keras sekali kalau dibawa ke sana,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca