MK Siap Kawal Pemberantasan Korupsi Dalam Tiap Uji Materi UU

0
Ketua MK, Hamdan Zoelva

Jakarta – Mahkamah Konstitusi berniat mengawal upaya pemberantasan korupsi melalui pengujian Undang-Undang di lembaga tersebut.

Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengingatkan, jangan sampai produk perundangan-undangan memberikan celah bagi para koruptor untuk melakukan korupsi.

“Jangan sampai memberikan kelonggaran luar biasa kepada korupsi karena ada loophole (celah) dalam peraturan perundang-undangan,” katanya saat memberikan sambutan dalam kesepakatan kerja sama antara MK dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Selasa (23/12).

Pengujian sebuah Undang-Undang dianggap cukup berpengaruh terhadap proses pemberantasan korupsi. Hamdan mengungkapkan, berdasarkan pengalamannya bersidang di MK, tidak semua permohonan pengujian UU yang dilayangkan kepada lembaga yang dipimpinnya itu memperkuat upaya pemberantasan korupsi.

Kendati banyak pemohon yang berupaya memperkuat mekanisme pemberantasan korupsi dalam uji materi UU, namun ada juga permohonan yang justru memperlemah dan menerobos upaya pemberantasan korupsi.

Dia sendiri memastikan, bahwa MK akan tetap berkomitmen mengawal proses pemberantasan korupsi dalam tiap pengujian UU di lembaga tersebut. “Karena itu, MK sebagai anak kandung reformasi tetap menjaga komitmen pemberantasan korupsi,” pungkasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca