Mau Rekomendasi Lebih Didengar, Ombudsman Minta Dukungan Politik di DPR

0

Polemik-21

Jakarta – Ombudsman meminta dukungan politik DPR agar pemerintah dan pejabat publik bisa lebih mendengar rekomendasi Ombudsman, sehingga terjadi perbaikan pelayanan publik.

Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana mengungkapkan, rekomendasi Ombudsman bisa dengan segera dijalankan jika rekomendasi ombudsman diketahui oleh masyarakat luas dan adanya dukungan politik lembaga legislatif.

Menurutnya, dukungan politik DPR dibutuhkan oleh ombudsman agar rekomendasi ombudsman mendapatkan perhatian lebih. “Jika Presiden tidak menggunakan rekomendasi ombudsman, maka DPR bisa bertanya,” katanya dalam diskusi “Revolusi Mental Layanan Publik” di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (22/11).

Dia mengungkapkan, kesadaran akan pentingnya keberadaan lembaga ombudsman sebenarnya cukup tinggi. Saat ini, kesadaran akan pentingnya ombudsman mengalami peningkatan sebesar 60 persen. “Kita membantu pemerintahan meluruskan pekerjaannya (pelayanan publik) dengan baik,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Prisma Suhardi mengakui, terjadi peningkatan pelayanan publik dengan kehadiran lembaga semacam KPK dan Ombudsman.

Kendati demikian, dia menganggap, Ombudsman sebagai lembaga yang mengawasi maladministrasi dalam pelayanan publik belumlah sekuat KPK. “Misalnya, Ombudsman hanya seperti formalitas di masa reformasi,” ucapnya.

Dia menegaskan, proses keterlibatan publik adalah masalah utama dalam reformasi birokrasi, baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Namun saat ini, keberadaan Ombudsman belum menyentuh daerah pedesaan. “Ombudsman hanya ada di tingkat provinsi,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca