KPK Keluarkan Sprindik Baru Usut Dugaan Korupsi Fuad Amin Dari 2006

1
Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) baru untuk Fuad Amin. Fuad Amin adalah tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi jual beli gas alam di Gresik dan Gili Timur, Bangkalan.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengungkapkan, KPK sudah melakukan ekspose lanjutan terhadap kasus Fuad Amin. KPK akhirnya memutuskan mengeluarkan Sprindik baru terkait jabatan Fuad Amin yang sebelumnya pernah menjadi Bupati Bangkalan, Madura.

“Sprindik yang sebelumnya kan dia dalam kapasitas sebagai anggota Dewan (DPRD) periode tertentu,” katanya kepada wartawan di gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Jumat (19/12).

Dia menjelaskan, dikeluarkannya Sprindik baru oleh KPK itu ditujukan untuk menjangkau kemungkinan adanya dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Fuad Amin pada masa sebelumnya. Batasan penyidikan yang ditetapkan oleh Sprindik KPK tersebut sejak tahun 2006.

Namun demikian, Bambang mengelak menjawab ketika ditanyakan pasal apa yang akan dikenakan kepada Fuad. Dia hanya menyampaikan bahwa Sprindik tersebut masih terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi. KPK, hanya melakukan pengembangan terhadap periode penyidikan saja. “Pasalnya nanti akan diumumkan. Jangan sekarang dong, nanti kalau sudah diumumkan,” tukasnya.

Dia menambahkan, KPK sejauh ini masih belum memutuskan apakah lembaga anti rasuah itu juga akan menjerat Fuad dengan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Menurutnya, keputusan tersebut baru akan diambil setelah adanya hasil pengembangan dan ekspose KPK selanjutnya. “Tapi sekarang belum diputuskan,” tutupnya.

Seperti diketahui, Ketua DPRD Bangkalan Fuad Amin telah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 2 Desember lalu karena tersangkut dugaan tindak tindak pidana korupsi gas alam untuk Gresik dan Gili Timur di Bangkalan, Madura. Fuad diduga menerima suap dari hasil jual beli gas alam.

Sebelum menjabat Ketua DPRD Bangkalan, Fuad Amin juga pernah menjadi Bupati Bangkalan selama dua periode sejak 2003 hingga 2013.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca