Kompolnas Anggap Penunjukan Plt Kapolri Paling Ideal

5
Anggota Kompolnas, M. Nasir

Jakarta – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolna) menganggap keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri adalah keputusan yang paling ideal.

“Dua Keppres yang diterbitkan semalam itu, bagi Kompolnas hari ini itu adalah sudah merupakan keputusan yang ideal, paling tidak untuk tahap saat ini,” kata anggota Kompolnas M. Nasir di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (17/01).

Menurutnya, Presiden Jokowi sudah menghargai aspirasi yang berkembang di masyarakat dengan jalan tidak langsung melantik calon tunggal Kapolri KomJen Pol. Budi Gunawan. “Itu baik sekali. Tentu ini adalah proporsi ideal yang sementara, bukan penyelesaian yang denifinitif,” ucapnya.

Dia menjelaskan, karena penunjukan Plt Kapolri adalah penyelesaian yang sifatnya sementara, maka semua pihak perlu memberikan kesempatan kepada Presiden untuk mencari solusi jangka panjang. “Bagaimana nantinya, tentu bapak Presiden perlu diberikan kesempatan untuk menyelesaikan sambil menata sana, menata sini menyelesaikan,” pungkasnya.

Kompolnas sendiri, imbuhnya, sangat menghargai dan menghormati sepenuhnya proses hukum yang dikerjakan oleh KPK terhadap Komjen Pol Budi Gunawan yang saat ini bersatus sebagai tersangka. Nasir menganggap, semua pihak tidak boleh mengabaikan begitu saja, proses hukum dilakukan oleh KPK.

“Kita harus hormati. Namun sebagaimana layak proses hukum, akan ada adu argumentasi, akan ada adu dalam perspektif hukum. Biarlah itu berjalan dan berlangsung sesuai dengan sistem yang kita anut,” tutupnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akhirnya menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan KomJen Pol. Sutarman. Pada Jumat kemarin, Presiden Joko Widodo menunjuk Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri, meskipun DPR telah menyetujui penetapan pelantikan Budi Gunawan untuk menjadi orang nomor satu di Kops Bhayangkara.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca