Komisi III Aklamasi Setujui Budi Gunawan Sebagai Calon Kapolri

1
Ketua Komisi III, Azis Syamsudin

Jakarta – Komisi III akhirnya menyetujui nama Budi Gunawan yang diajukan sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Joko Widodo. Persetujuan dilakukan oleh Komisi III secara aklamasi dalam rapat pengambilan keputusan yang berlangsung tertutup.

“Dari pleno seluruh fraksi yang hadir menyetujui pengangkatan Komjen Budi Gunawan,” kata Ketua Komisi III Azis Syamsudin di gedung DPR di Jakarta, Rabu (14/01).

Dari 10 fraksi yang ada di DPR, hanya fraksi Demokrat yang tidak hadir mengikuti fit dan proper test calon Kapolri pada hari ini. Hasil rapat komisi III rencananya akan dibawa ke sidang paripurna DPR yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 besok.

Azis menuturkan, rapat pleno sepenuhnya memahami penjelasan Budi Gunawan di hadapan komisi III, sehingga mantan ajudan Megawati Soekarno Putri saat menjabat Presiden itu mendapatkan dukungan secara aklamasi. “Bisa diterima oleh temen-temen komisi 3, baik melalui penjelasan anggota, maupun secara fraksi. Secara fraksi, secara seluruhnya menyetujui,” ucapnya.

Mengenai status tersangka KPK kepada Budi Gunawan, Azis mengungkapkan, persetujuan komisi III terhadap Komjen Pol. Budi Gunawan merupakan hasil keputusan di dalam rapat pleno. “Sudah putusan pleno. Putusan pleno seperti itu,” tandasnya.

Dia menambahkan, keputusan selanjutnya akan berada di tangan Presiden Jokowi. Presiden sendiri, ucapnya, bisa saja menarik kembali pencalonan terhadap calon tunggal Kapolri yang diajukan.

Namun demikian, dia meyakini Presiden Jokowi tidak akan menarik pencalonan Komjen Pol. Budi Gunawan. “Karena setelah membuat surat itu, melalui beberapa pertimbangan. Pertimbangannya sudah matang,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca