Ketua MPR Ajak Komnas HAM Cari Solusi Tuntaskan Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM

1
Zulkifli Hasan, Ketua Umum DPP PAN

Jakarta – Khawatir penuntasan pelanggaran HAM berat di masa lalu tidak kunjung selesai, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengajak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk duduk bersama pemerintah, MPR, DPR dan DPD mencari jalan keluarnya.

“Saya mengajak cari solusi untuk pelanggaran HAM berat. (Komnas HAM) dengan DPR dan DPD, bersama pemerintah. Karena kita khawatir tidak selesai-selesai,” katanya di gedung parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (10/12).

Zulkifli Hasan menuturkan, ajakan tersebut sudah dia sampaikan saat bertemu dengan pimpinan Komnas HAM saat peringatan hari Hak Asasi Manusia yang jatuh pada hari ini. Menurutnya, ajakan tersebut sangat sesuai dengan landasan politik MPR yang memang mengedepankan politik kebangsaan, di samping menjadi rumah rakyat.

Kendati punya keinginan penuntasan pelanggaran HAM berat di masa lalu, dia mengaku sangat mendukung hukuman mati terhadap terpidana yang terjerat kasus narkoba. Pasalnya, narkoba telah menyelusup masuk ke semua lapisan masyarakat dari berbagai profesi tanpa pandang bulu. “Kalau (terpidana) narkoba saya setuju dihukum mati,” tegasnya.

Hari ini adalah peringatan hari Hak Asasi Manusia sedunia. Namun demikian, sampai hari ini masih banyak kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu yang masih belum dapat dituntaskan.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca