Hadi Purnomo Dari Kepala Bidang Ekonomi BIN hingga Ketua BPK

3

Hadi purnomo KPK

Jakarta – Hadi Purnomo, mantan ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan penyalahgunaan wewenang semasa menjabat Dirjen Pajak 2002-2004 adalah pejabat karir yang kenyang pengalaman.

Pria kelahiran Pamekasan – Madura, pada 21 April 1947 ini setelah menamatkan pendidikan dibidang akutansi langsung berkarir di Direktorat Jendral Pajak. Karirnya dimulai sebagai pegawai di Dirjen pajak tahun 1965 hingga terakhir menjabat sebagai Dirjen Pajak dari tahun 2002 hingga tahun 2004 semasa Pemerintahan Presiden Megawati.

Sebelum menjadi Dirjen Pajak, Hadi adalah Direktur pada Bagian Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak, Direktorat Jenderal Pajak tahun 2000 hingga tahun 2002.

Setelah menyelesaikan tugas sebagai Dirjen Pajak, pada tahun 2006 Hadi Purnomo ditugaskan sebagai Kepala Bidang Ekonomi di Dewan Analisis Strategis pada Badan Inteligen Negara (BIN). Jabatan ini diemban Hadi hingga tahun 2009.

Pada Oktober 2009, Hadi Purnomo diangkat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jabatan sebagai ketua BPK ini berakhir pada tanggal 21 April 2014 sesuai dengan masa pensiun yang dimasuki Hadi.

Bertepatan dengan hari jadinya, serta masa pensiun yang dijalani, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menentapkan Hadi Purnomo sebagai tersangka kasus Korupsi semasa menjabat sebagai Dirjen Pajak.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca