Gugatan Praperadilan Budi Gunawan Diterima Hakim

1
Sidang Praperadilan Budi Gunawan

Jakarta – Hakim tunggal Sarpin Rizaldi yang mengadili perkara gugatan praperadilan Komjen Budi Gunawan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memutus menerima gugatan Budi Gunawan. Keputusan dibacakan Sarpin dalam sidang pengadilan di PN Jakarta Selatan hari ini, Senin (16/2).

Seluruh eksepsi dari kuasa hukum KPK ditolak oleh Hakim dan mengabulkan sebagian gugatan Budi Gunawan yang diwakili kuasa hukumnya.

“Mengabulkan permohonan untuk sebagian. Menyatakan surat perintah penyidikan tertangggal 12 Januari 2015 tidak mempunyai kekuatan mengikat,” ungkap Sarpin.

Dengan keputusan ini, KPK diperintahkan untuk tidak meneruskan penetapan tersangka terhadap Budi Gunawan karena tidak lagi memiliki kekuatan hukum yang mengikat.

“Menyatakan penyidikan penetapan tersangka adalah tidak sah dan tidak berdasar hukum tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat,” sambungnya.

Dengan keputusan ini maka kemungkinan besar Komjend Budi Gunawan akan dilantik sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Sutarman oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagaimana diketahui Budi Gunawan adalah Calon Kapolri yang diusulkan oleh Jokowi dan telah disetujui oleh DPR RI. Pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri tertunda akibat tiba-tiba ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK saat proses fit and proper test sedang berlangsung di DPR RI.

MENARIK DIBACA

loading...

1 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca