Fit Dan Proper Test, Budiman Dicecar Pertanyaan Seputar Penetapan Tersangka Oleh KPK

0

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat tetap menjalankan fit dan proper test kepada Komjen Pol Budi Gunawan calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR. Meskipun KPK telah menetapkan status tersangka kepada KomJen Pol. Budi Gunawan pada Selasa (13/01) kemarin.

Di hadapan anggota komisi III, Komjen Pol. Budi Gunawan memaparkan visi-misinya. Berbagai pertanyaan pun diajukan oleh para anggota dewan kepada mantan ajudan Megawati Soekarno Putri saat menjabat sebagai Presiden.

Anggota komisi III PKS Aboe Bakar Al-Habsy menyatakan pengumuman status tersangka kepada calon tunggal Kapolri cukup mengagetkan para anggota dewan.

Karena itu, Aboe meminta penjelasan Komjen Pol. Budi Gunawan atas penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. “KPK mendakwa saudara menerima janji dan gratifikasi, apakah ada penjelasan soal ini. Apakah terbersit untuk mundur dari proses pencalonan ini,” tanyanya.

Sedangkan, anggota komisi III Fraksi Nasdem Akbar Faisal meminta pendapat calon Kapolri terhadap penetapan status tersangka KPK kepada dirinya setelah diajukan untuk mengikuti fit dan proper test di DPR.

“Bagaimana sekarang sudah ditetapkan sebagai tersangka, sebenarnya wajar gak proses ini Pak? Karena Presiden sudah mengajukan calon ke DPR, tiba-tiba ada dua bukti baru,” ucapnya.

Selain itu, dia juga meminta penilaian Komjen Pol. Budi Gunawan atas pemilihan calon pimpinan KPK periode mendatang apakah sebaiknya memilih pimpinan KPK yang lebih fokus kepada penindakan atau pencegahan. “Boleh saya bertanya kepada Bapak, kira-kira yang terbaik bagi kita apa. Apakah kita akan fokus pada penindakan atau fokus kepada pencegahan,” ujarnya.

Adapun, politisi PPP Aditya Mufti Arifin mempertanyakan apa yang akan dilakukan oleh Komjen Pol. Budi Gunawan jika menjabat sebagai Kapolri. Pasalnya, ditenggarai masih banyak oknum polisi yang menjadi beking berbagai tindak pidana, termasuk dalam hal jual beli pasal.

“Jika Bapak menjadi Kapolri, Tindakan apa yang efektif untuk memperbaiki citra Polri,” tandasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca