DPR RI Akan Melakukan Fit dan Proper Test Calon Kapolri

2
Ketua DPR RI, Setya Novanto

Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto meminta semua pihak untuk bersabar menanti fit dan proper test kepada Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR.

“Kita lihat lah. Semuanya kan harus kita lakukan. Masyarakat harus sabar,” katanya usai rapat paripurna pembukaan masa sidang kedua DPR di Jakarta, Senin (12/01).

Dia menyatakan, komisi III DPR tetap akan melakukan peninjauan kepada Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai calon tunggal yang diajukan oleh Presiden melalui fit dan proper test.

“Di dalam fit dan proper test, nanti ada kesempatan-kesempatan baik kepada saudara Budi Gunawan ataupun kepada anggota DPR yang menyangkut kepada hal visi-misi tentu akan menjadi pertanyaan-pertanyaan anggota DPR,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, DPR mempercayakan dan memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi dalam hal pemilihan dan kebutuhan Kapolri yang baru. “Tentu kita dukung dan kita tindaklanjuti,” jelasnya.

Sejauh ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Penelitian dan Transaksi Analisis Keuangan (PPATK) belum dilibatkan untuk menelusuri aliran rekening Calon Kapolri. Menurutnya, urusan melibatkan KPK dan PPATK atau tidak, sepenuhnya adalah keputusan pemerintah. “Kita kan gak ada hal-hal terkait itu. Itu wewenang pemerintah,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jendral Sutarman. Surat penetapan Jokowi tersebut telah ditanda tangani pada hari Jumat 9 Januari lalu dan dikirimkan ke DPR untuk dimintai persetujuan.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini