Budi Gunawan Dihimbau Tiru Langkah Bambang Widjojanto Ajukan Pengunduran Diri

0
Mantan penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua

Jakarta – Mantan penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua menghimbau Komjen Pol. Budi Gunawan meniru langkah yang dilakukan oleh Bambang Widjojanto.

Seperti diketahui, siang tadi Wakil Ketua KPK telah mengajukan surat kepada pimpinan KPK yang berisi permohonan pengunduran diri sementara. Abdullah menilai, langkah yang dilakukan Bambang Widjojanto itu sudah sesuai dengan aturan yang berlaku di KPK.

“Ya, menurut UU 30/2002 memang demikian. Ketika sudah status tersangka, harus non aktif,” katanya usai bertemu dengan pimpinan KPK di Gedung KPK Kuningan Jakarta, Senin (26/01).

Dia menyarankan kepada Komjen Pol. Budi Gunawan untuk berani mengambil langkah yang sama. Sebab, beberapa waktu lalu KPK telah menetapkan calon tunggal yang diajukan sebagai Kapolri oleh Presiden Jokowi itu sebagai tersangka kasus dugaan rekening gendut.

“Jadi, kalau Pak BG merasa bahwa juga punya jiwa besar, sebagai perwira tinggi polisi, setelah ditetapkan sebagai tersangka seharusnya beliau juga mengundurkan diri,” lanjutnya.

Dia menambahkan, pengunduran diri Budi Gunawan akan memudahkan proses penyelidikan terhadap Kepala Lemdikpol itu. “Non-aktif dari kepolisian, supaya semua bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca