Bibit Samat : Penetapan BW Sebagai Tersangka Tidak Akan Lumpuhkan KPK

2
Diskusi di Warung Daun Cikini

Jakarta – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samat Rianto menganggap keliru jika menetapkan pimpinan KPK menjadi tersangka akan membuat lumpuh kinerja lembaga anti rasuah itu.

Sejauh ini, ungkapnya, muncul kesan seolah-olah penetapan tersangka terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjoyanto akan membuat KPK tidak berjalan semestinya.

“Penyidik bisa berganti-ganti. Siapapun pimpinan KPK gak ada masalah,” katanya dalam diskusi Polemik Sindo Radio di Warung Daun Cikini di Jakarta, Sabtu (24/01).

Bibit menambahkan, Komisi Pemberantasan Korupsi mempunyai mekanisme internal dalam mengawasi pejabat internalnya. “Di KPK sendiri ada internal audit yang tugasnya menindak siapa-siapa yang diduga korupsi,” tutupnya.

Dia sendiri berharap, hukum bisa benar-benar ditegakkan pasca pernyataan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor menanggapi situasi yang terjadi di KPK dan Polri pada saat ini. “Dengan putusan Pak Jokowi seperti itu, kita menegakkan hukum dengan benar,” tukasnya.

Seperti diketahu, Jumat kemarin Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap oleh Bareskrim Mabes Polri untuk diperiksa setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan rekayasa kesaksian palsu dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat. Jumat malam, Mabes Polri menahan Bambang Widjojanto, namun pada Sabtu dinihari akhirnya melepaskan Bambang Widjojanto.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca