Bambang Widjojanto Ajukan Surat Pemberhentian Sementara Kepada Pimpinan KPK

0
Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, memberi keterangan Pers

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto akhirnya menyerahkan surat pengajuan pemberhentian sementara untuk dirinya setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri.

Dia mengungkapkan, surat pengajuan pemberhentian sementara tersebut sudah diserahkan kepada pimpinan KPK setelah dirinya mendatangi kantor Bareskrim Mabes Polri pagi tadi untuk mengecek apakah sudah ada surat pemanggilan terhadap dirinya.

“Begitu saya cek di biro hukum (Bareskrim) belum ada surat panggilan, saya segera ke kantor. Tiba di kantor (KPK) saya buat surat permohonan pemberhentian sementara,” katanya di kantor KPK di Jl. HR Rasuna Said Jakarta, Senin (26/01).

Dia menjelaskan, surat permohonan berhenti sementara itu antara lain berisi seputar pemanggilan dirinya setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri. Kendati demikian, dalam alenia kedua surat tersebut dia menegaskan keyakinannya, bahwa kasus yang ditujukan kepadanya mengada-ada dan direkayasa.

Selanjutnya, Bambang merujuk kepada pasal 32 ayat 2 UU KPK, yang mengatur apabila pimpinan KPK dinyata sebagai tersangka maka yang bersangkutan diberhentikan sementara. “Saya tunduk pada konstitusi, Undang-Undang dan kemaslahatan kepentingan publik. Sebabnya saya mengajukan surat itu kepada pimpinan KPK,” tegasnya.

Menurutnya, pimpinan KPK lah yang nantinya akan menentukan lebih lanjut mengenai permohonan yang telah diajukannya. Karena, komisioner KPK harus bertindak secara kolektif kolegial.
Dia menambahkan bahwa pimpinan KPK saat ini melakukan rapat untuk mengambil keputusan menyangkut permohonan pemberhentiannya. “Sehingga saya serahkan secara kolegial ke pimpinan KPK,” tandasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca