Badrodin Haiti: Kasus Novel Baswedan Tetap Dilanjut Karena Belum SP3

1
Deputi KPK Bidang Pencegahan Johan Budi SP

Jakarta – Calon Kapolri, Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Badrodin Haiti, menanggapi persoalan penyidikan kasus Novel Baswedan yang kembali diungkit oleh Bareskrim Polri. Menurut Haiti, karena kasus tersebut belum pernah di SP3 kan maka akan tetap dilanjutkan oleh Polisi.

“Kan belum SP3, nggak bisa sewenang-wenang kita. Harusnya yang lalu itu di SP3 kalau memang alasan hukumnya kuat,” jelas Haiti ke media, kemaren, Kamis (19/2).

Dijelaskan juga oleh Haiti yang merupakan Calon Kapolri baru pengganti Budi Gunawan yang dibatalkan pelantikannya oleh Presiden Jokowi, bahwa kasus Novel Baswedan memang pernah dihentikan atas perintah Presiden SBY.

Saat itu Novel yang merupakan penyidik KPK dijadikan tersangka oleh Polisi. Penetapan tersangka atas Novel tersebut diduga balasan Polisi atas ditetapkannya Irjen Pol Djoko Susilo sebagai tersangka oleh KPK.

Novel dijadikan tersangka atas dugaan penembakan saat menjadi polisi di Bengkulu. Sementara Novel sudah membantah tuduhan tersebut.

Haiti beralasan bahwa kasus ini kembali disidik sebagai bagian dari tanggung jawab Polisi melayani pengaduan dari masyarakat.

“Persoalannya begini, tahun depan itu kadaluarsa kasusnya, sehingga ada korban yang melaporkan itu yang menanyakan, jadi harus selesaikan. Kalau udah kadaluarsa, kemana dia akan cari keadilan,” ungkapnya.

Haiti menolak jika ini dituduh sebagai bagian dari skenario melemahkan KPK. “Saya gak sependapat seperti itu. Kasus, ‎siapapun juga harus diproses hukum,” jelasnya.

Sementara KPK sudah bersurat kepada Presiden Jokowi atas kembali diusutnya kasus Novel Baswedan yang sudah dihentikan pada era Presiden SBY.

MENARIK DIBACA

loading...

22 KOMENTAR

  1. Saya ingin PAK ABRAHAM SAMAD DI PEJARA.pemberantas koropsi kok malah mempalsu kn dokomend negara bngsad kpk.udh pasti jga ne abraham samad karoptor pelitikus.malu di lihat rakyat tau g.

Tanggapan Pembaca