Adilnya Putusan Hakim Bisa Minimalisir Pengajuan PK

0
Mantan Ketua MK, Jimmly Asshidiqie

Jakarta – Putusan hakim yang dipertimbangkan secara matang dan berdasarkan prinsip keadilan diyakini bisa meminimalisir pengajuan Peninjauan Kembali (PK) di kemudian hari.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimmly Asshidiqie mengungkapkan, proses pengambilan keputusan oleh seorang hakim harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar tidak ada lagi kebutuhan pengajuan PK di kemudian hari.

“Gak perlu PK lagi, kalau semua fakta sudah dipertimbangkan. Jadi, hatinya hakim itulah yang harus berpihak kepada kebenaran,” katanya di Jakarta, Sabtu (10/01).

Menurutnya, seorang hakim harus bisa menangkap denyut nadi keadilan di masyarakat. Para hakim harus hidup sesuai dengan realitas perasaan keadilan masyarakat. “Dia harus melakukan pembacaan secara moral, sosial, dan filosofis terhadap Undang-Undang,” ucapnya.

Jimmly menambahkan, para hakim jangan hanya membaca berbagai peraturan di bidang hukum secara gramatikal saja. Sebaliknya, para hakim harus bisa memutuskan dengan seadil-adilnya.

“Dia harus memahami roh keadilan dan kasus-kasus ketidakadilan yang harus dia beri solusi melalui putusannya. Karena itu proses peradilan harus betul-betul matang,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca