Walikota Solo Akan Turun ke Jalan Bersama Rakyat Tolak Kenaikan BBM

1

Walikota-Solo

Solo – Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, sangat terkejut dengan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikan harga BBM Subsidi. Rudy yang baru saja bertemu dengan Jokowi tidak menyangka Jokowi akhirnya memutuskan menaikan harga BBM Subsidi dan mengumumkannya tadi malam di Istana Negara.

“Saya sedih dan terkejut. Terus terang saya kecewa berat dengan keputusan tersebut. Kemarin saya sudah bertemu Presiden di Jakarta, saya sampaikan berbagai aspirasi dari bawah yang menolak kenaikan harga BBM. Namun Presiden mengatakan kenaikan itu sudah diputuskan dalam rapat kabinet. Saya berusaha memberi masukan agar dipertimbangkan lagi tapi benar-benar tidak menyangka kalau malah diumumkan malam harinya,” ungkap Rudy kepada kepada media, Selasa (18/11) pagi.

Rudy tetap menolak keras kebijakan yang diambil oleh Jokowi yang pernah jadi atasannya sebagai Walikota Solo. Ia akan tetap konsisten menolak kebijakan tersebut dan akan turun demo bersama rakyat Solo menolak kenaikan harga BBM tersebut. Menurut Rudy kebijakan menaikan harga BBM tidak tepat, karena masih ada cara lain yang bisa dilakukan pemerintah untuk menutupi kebutuhan anggaran. Presiden dan kebinet yang menangani energi misalnya belum menunjukan kinerja memberantas mafia Migas.

“Kenaikan BBM bukan satu-satunya opsi terakhir di tengah harga minyak dunia (yang) mengalami penurunan. Sejak awal saya sudah bilang ke Pak Jokowi untuk memberantas mafia-mafia dahalu. Jika hal itu tak dilakukan bukan malah menaikan harga BBM, itu tak akan menyelesaikan masalah,” ujar Rudy di Balai Kota Solo, Selasa (11/11) lalu.

“Kalaupun harga BBM dinaikan, harus ada perencanaan dahulu yang matang dan semua aspek sudah harus terkaji secara baik. Jika jadi naik, mungkin kenaikan itu diterapkan untuk pengguna mobil pribadi dahulu. Yang jelas penolakan saya ini bukan untuk mencari sensasi, namun saya ingin membuktikan konsistensi saya. Ingat tugas presiden yang utama untuk mensejahterakan rakyatnya, bukan untuk mengurus kenaikan harga BBM,” tegas Rudy.

Wakil Walikota SOlo, Achmad Purnomo, ditempat terpisah sebelumnya juga mendukung kebijakan yang akan diambil oleh Walikota Solo yang akan terus menyuarakan penolakan terhadap kenaikan BBM Subsidi yang akan makin mempersulit kehidupan masyarakat.

“Kalau BBM naik, saya yakin harga-harga kebutuhan pokok juga ikut menyesuaikan dan pemkot juga akan menata ulang program kesejahteraan masyarakat,” ungkap Purnomo di Balakota beberapa waktu lalu,

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca