Wali Kota Solo Kritik Jokowi Lebih Memilih Proton Dibanding Esemka

7
Esemka
Hadi Rudyatmo, Walikota Solo

SOLO, fren247.com – Walikota Solo Hadi Rudyatmo, mengkritik keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lebih memilih menggandeng perusahaan otomotif dari Malaysia, Proton, dibanding memberi dukungan pada produk lokal, Esemka, untuk menjadi cikal bakal mobil nasional.

“Tidak ada itu Proton-Protonan. Saya menolak keras rencana itu. Kenapa pilih Proton bukan Esemka? Esemka ya Esemka,” kata Walikota yang akrab disapa Rudi ini di Balaikota Solo, Senin (9/2).

Rudi yang juga merupakan mantan Wakil Jokowi saat masih menjabat Walikota Solo mengaku sangat kecewa dengan langkah yang diambil oleh Jokowi sebagai Presiden. Apalagi, menurut Rudi, Jokowi tahu persis bagaimana kondisi mobil Esemka yang dulu sempat dipopulerkan Jokowi sebelum jadi Presiden.

Dijelaskan juga oleh Rudi, bahwa mobil Esemka saat ini sedang mengalami kesulitan pendanaan dalam pengembangan dan produksinya.

Ia berharap, Jokowi lebih memikirkan dan mencarikan solusi pendanaan bagi mobil Esemka. “Daripada memikirkan Proton, lebih baik danai saja Esemka dan permudah perizinan agar jadi mobil nasional,” ungkapnya.

Rudi menegaskan, Esemka yang dulu sempat jadi mobil dinas Jokowi semasa menjabat Walikota Solo, sudah membuktikan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk memproduksi mobil sendiri. Sehingga, menurutnya, sudah seharusnya pemerintah memprioritaskan produk dalam negeri.

“Batalkan saja itu kerjasama dengan Proton !” tegas Rudi.

MENARIK DIBACA

loading...

1 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca