TNI Menyiagakan Pasukan Mengamankan Gedung KPK

0
Ilustrasi Marinir

Jakarta – Sejak tadi malam, Jumat (23/1), disekitar gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di jalan Kuningan, Jakarta, terlihat ratusan pasukan TNI bersiaga penuh. Pasukan ini tidak masuk ke gedung KPK, hanya bersiaga diluar gedung KPK dan sekitar jalan Kuningan Jakarta.

Keberadaan pasukan ini, dibenarkan oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI M Fuad Basya saat dikonfirmasi oleh media hari ini, Sabtu (24/1).

“Kami bersiaga di sekitar KPK. Tidak masuk Gedung, Standby, untuk mencegah gesekan antara KPK dan Polri,” jelas Fuad

Dijelaskan oleh Fuad, sesuai dengan pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), jangan sampai terjadi gesekan antara Polisi dan KPK. Dan hanya TNI yang mampu mengendalikan dan menengahi jika terjadi gesekan antara KPK dan Polri.

Sebelumnya sempat berhembus kabar bahwa pasukan dari Bareskrim Polri akan mendatangi gedung KPK tadi malam, untuk melakukan penggeledahan. Untuk mengantisipasi hal tersebut Ketua KPK Abraham Samad sudah berkomunikasi dengan Panglima TNI Jendral Moeldoko. Dan atas inisiatif Panglima TNI maka pasukan TNI dikerahkan disekitar gedung KPK untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Perlu ditegaskan (TNI) tidak melindungi KPK, tapi menghindari terjadinya gesekan. Bayangkan jika terjadi gesekan antara Polri dan KPK, bagaimana Indonesia di mata dunia Internasional,” ungkap Fuad memberi alasan kenapa TNI turun mengamankan Gedung KPK.

Sampai siang ini, disekitar gedung KPK masih terlihat pasukan TNI berjaga-jaga selain masa sipil yang terus berdatangan memberikan dukungan pada KPK.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca