Ternyata Penerbangan Air Asia QZ-8501 Setiap Minggu, Tidak Berizin

3
Ilustrasi Pesawat Air Asia jenis Airbus A320-200

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membekukan izin terbang pesawat Air Asia yang melayani rute Surabaya – Singapura PP per tanggal 2 januari 2015. Keputusan pembekuan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. AU. 008/1/1/DRJU-DAU-2015 tanggal 2 Januari 2015.

Alasan pembekuan adalah PT. Air Asia Indonesia sebagai pihak yang mengelola maskapai penerbangan Air Asia QZ-8501 rute Surabaya-Singapura pp, telah melanggar jadwal izin terbang yang diberikan yaitu hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Jadwal izin terbang yang diberikan untuk Air Asia rute Surabaya Singapura ini dituangkan dalam Surat Dirjen Perhubungan Udara Nomor AU.008/30/6/DRJU.DAU-2014 tanggal 24 Oktober 2014, terkait izin penerbangan luar negeri periode Winter 2014/2015.

Dari investigasi yang dilakukan Kemenhub ditemukan bahwa Air Asia tidak pernah mengajukan perubahan izin terbang ke hari Minggu sesuai persyaratan perubahan jadwal yang ditetapkan kementerian perhubungan.

“Hal tersebut merupakan pelanggaran atas persetujuan rute yang telah diberikan,” jelas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata, dalam siaran pers nya, Jumat (2/1).

Saat ditanyakan oleh media, kenapa Air Asia selama ini bisa terbang di jadwal yang bukan semestinya, Barata mengakui kemungkinan ada oknum pejabat Kemnhub yang lalai. “Dilapangan mungkin tidak diberitahu kalau Air Asia tidak boleh terbang pada hari Minggu, ada kelalaian disini,” jelasnya.

Dari informasi yang redaksi Fren247.com dapatkan di Kementerian Perhubungan, rute terbang Air Asia untuk jalur Surabaya Singapura pp yang diberi kode penerbangan QZ-8501 tidak ada yang hari Minggu.

Sebelum keluar keputusan Dirjen Perhubungan Udara tanggal 24 Oktober, jadwal QZ-8501 adalah setiap hari Senin, Rabu, Kamis dan Jumat. Setelah keluar Surat Dirjen tanggal 24 Oktober terkait jadwal baru periode Winter 2014/2015, Air Asia QZ-8501 berubah jadwal ke hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Dari investigasi kami ke travel agen penjual tiket Air Asia baik di counter yang ada maupun secara online, ditemukan bahwa selama ini jadwal penerbangan Air Asia sesuai tiket yang dijual adalah hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Kesemua jadwal tersebut dilayani dengan kode penerbangan QZ-8501 dengan jadwal keberangkatan dari Surabaya pukul 5.20 WIB dan tiba di Singapura pukul 8.30 waktu setempat. Dibeberapa situs online masih bisa dilakukan pemesanan untuk jadwal tersebut.

Belum ada penjelasan resmi dari Kemenhub, kenapa selama ini Air Asia secara bebas melakukan penerbangan diluar jadwal hari yang ditentukan. Dan itu telah berlangsung lama dan secara bebas tiketnya dijual di counter penjualan resmi maupun secara online.

MENARIK DIBACA

loading...

21 KOMENTAR

  1. “Tidakkah kamu melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan lalu mengumpulkannya, kemudian Allah menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari gunung-gunung tinggi, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dihindarkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan”. [QS. An-Nur 24 : 43].

  2. BASI,,,indonesia negara musiman,,,giliran ada inside,,bru dech,,,smua borox nya,,,di publikasikan,,hbis itu smua yg brkaitn dg insiden itu di sorot n d tata ulang,,,tp stlh 3 bulan,,,back to home lagi,,,HOAX!!!

Tanggapan Pembaca