Sutan Bhatoegana Akhirnya Ditahan KPK Usai Pemeriksaan

3
Sutan Bhatoegana di tahan KPK

Jakarta – Sutan Bhatoegana, politisi Partai Demokrat, akhirnya malam ini, Senin (2/2), ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan. Sutan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi dalam penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 Kementerian ESDM saat menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR RI periode 2009 – 2014.

Sutan ditahan setelah menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik KPK sejak pukul 11.00 WIB pagi tadi. Setelah menjalani pemeriksaan yang memakan waktu hingga sembilan jam, tepat pukul 18.50 WIB Sutan keluar dari gedung KPK langsung mengenakan rompi tahanan KPK berwarna orange.

Keluar dari gedung KPK, Sutan langsung dibawa ke tahanan di rutan KPK Salemba. Ia terlihat pasrah saat menuruni tangga gedung KPK. “Saya ngikutin prosedur ya, benar tidaknya nanti kita tunggu di pengadilan,” ujar Sutan menjawab pertanyaan wartawan yang telah menunggu sejak dari tadi pagi.

Sebagaimana diketahui, Sutan Bhatoegana telah ditetapkan KPK sebagai tersangka pada 14 Mei 2014 dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang dan menerima suap serta gratifikasi saat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 Kementerian ESDM. Ia dijerat Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Penetapan Sutan sebagai tersangka bermula dari nyanyian mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini yang menjadi tersangka kasus korupsi SKK Migas.

Dalam persidangan kasus Rudi Rubiandini terungkap bahwa Ia pernah menyerahkan US$ 200.000 kepada Sutan Bhatoegana. Uang tersebut merupakan bagian dari suap yang diberikan oleh pemilik Kernel Oil, Simon Gunawan Tanjaya kepada Rudi.

MENARIK DIBACA

loading...

10 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca