Seskab Nyatakan Presiden Jokowi Tidak Miliki Akun Sosial Media

0
Status facebook dari sebuah akun dengan nama Jokowi yang selama ini dianggap dari Presiden Jokowi

Jakarta – Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengeluarkan pernyataan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini tidak memiliki akun sosial media apapun, baik di Facebook maupun di Twitter.

“Presiden tidak memiliki atau memegang akun apapun, baik di Twitter maupun Facebook,” jelas Andi di Istana Negara Jakarta, Selasa (27/1).

Hal ini disampaikan Andi saat menjawab pertanyaan media terkait keberadaan akun dengan nama Jokowi yang ada di media sosial Facebook dan Twitter.

Andi juga menegaskan bahwa pernyataan resmi atau berita terkait Presiden hanya disampaikan melalui situs resmi milik pemerintah. “Pihak Istana menggunakan secara resmi, menyalurkan berita kegiatan Presiden itu di (halaman web) Setneg atau Setkab,” katanya.

Dijelaskan juga oleh Andi, yang mantan deputi tim transisi Jokowi-JK, bahwa Presiden Jokowi tidak pernah menulis sendiri pendapat ataupun opininya di akun sosial manapun. “Termasuk Ibu (Negera) Iriana, juga bukan,” jelasnya.

Pernyataan Seskab ini cukup mengagetkan pengguna sosial media, karena baik akun Facebook maupun akun Twitter yang selama ini mengatas namakan Jokowi adalah akun media sosial yang sudah mendapat simbol terverifikasi.

Sebuah akun Facebook atau Twitter yang ingin mendapatkan simbol terverifikasi harus lah memenuhi berbagai ketentuan yang tidak mudah dan pengecekan yang ketat oleh penyedia Facebook ataupun Twitter. Sipengguna akun haruslah orang yang datanya sesuai dengan nama akun yang digunakan.

Saat ditanya kemungkinan Pemerintah akan menuntut pemilik akun tersebut karena sudah bertindak seolah-olah sebagai Jokowi, serta melakukan verifikasi atas nama Presiden Jokowi, Seskab menjawab diplomatis. “Tidak ada larangan juga‎, sejauh ini, tidak ada pernyataan dari pemilik akun itu bahwa merepresentasikan Presiden,” jawabnya.

Sebagaimana diketahui selama ini pengguna sosial media di Facebook dan Twitter sejak masa Pilpres sudah terbiasa berinterkasi dengan akun Jokowi yang sejak awal diduga adalah akun resmi milik Jokowi. Apalagi ada simbol verified di kedua akun tersebut.

Banyak informasi, pendapat dan sapaan yang ditulis akun tersebut, termasuk saat muncul polemik atas suatu persoalan. Seperti yang baru baru ini terjadi saat akun resmi Facebook milik mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkomentar tentang cara pemilihan Kapolri di era nya. Pernyataan mantan Presiden tersebut direspon oleh akun Jokowi dan dijadikan kutipan oleh berbagai media.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca