Presiden Jokowi Dituntut Buktikan Bukan Petugas Partai

1
Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson P Juntho

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dituntut membuktikan dirinya bukan petugas partai. Hal ini disampaikan oleh Emerson Juntho, koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) dalam siaran pers nya pada Selasa (20/1), terkait dengan penundaan pelantikan Komisaris Jendral (Komjen) Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

“Kami meminta ketegasan Jokowi sebagai Presiden, bukan sebagai petugas partai, untuk tidak hanya menunda, tetapi membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri,” tegas Emerson.

Disampaikan juga oleh Emerson, sudah semestinya Komjen Budi Gunawan mundur dari seluruh jabatannya di Polri setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Mundur dalam jabatannya sebagai Kepala Lemdikpol dan anggota Polri, agar yang bersangkutan bisa konsentrasi menghadapi kasus hukumnya,” katanya.

ICW bersama dengan penanda-tangan petisi penolakan atas penunjukan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri menyatakan akan terus mendukung KPK mengusut tuntas kasus korupsi yang disangkakan kepada Budi Gunawan.

Sebagaimana diketahui, Komjen Pol Budi Gunawan diajukan oleh Presiden Jokowi sebagai Kapolri menggantikan Jendral Pol Sutarman. Pengajuan tersebut sudah disetujui oleh DPR RI dalam rapat Paripurna yang diadakan minggu lalu. Namun akibat status tersangka yang telah ditetapkan KPK, maka pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri ditunda oleh Jokowi untuk batas waktu yang belum diketahui sampai kapan.

 

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca