Politisi PPP Ini Kritik Pemerintah Terkait Hilangnya Air Asia QZ-8501

0
Saiful Tamliha anggota Komisi I Bidang Pertahanan DPR RI

Surabaya – Peristiwa hilang nya pesawat Air Asia dengan kode penerbangan QZ-8501 mengundang kritik tajam dari legislator DPR RI, Saiful Tamliha.

Saiful yang merupakan Anggota Komisi I Bidang Pertahanan DPR RI, meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan bertanggung jawab atas peristiwa ini.

“Ini tanggung jawab Kemenhub, Dia (Jonan) harus bertanggung jawab. Dia jangan hanya pandai ngurus Kereta Api Saja, dia kan dulu Dirut PT. KAI kan. Ini peristiwa kecelakaan pesawat pertama sejak dia menjabat sebagai Menteri,” tegas Saiful, yang kebetulan sedang berada di Bandara Juanda akan menuju Jakarta setelah kunjungan di Bangil Pasuruan.

Politisi yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga meminta agara Kemenhub memperhatikan persoalan safety dalam penerbangan.

“Ini tanggung jawab Kemenhub, dia (Jonan) harus punya standart safety penerbangan. Pesawat harus rutin di-maintenance, dan sebagainya. Kita tidak tahu pasti apakah kecelakaan ini faktor alam atau tidak. Makanya harus ada standart safety penerbangannya,” jelas Saiful.

Lebih lanjut ia juga meminta kepada Jonan akar membuka akses informasi seluasnya kepada keluarga penumpang dan masyarakat. “Informasinya kurang, sulit diakses. Informasinya posisi hilang di Bangka Belitung, sementara di sana banyak kapal-kapal TNI lalu-lalang di sana,” kata Saiful.

Sebagaimana diketahui Pesawat Air Asia QZ-8501 jenis Airbus A320-200, kode registrasi PK-AXC, dengan rute penerbangan Surabaya menuju Singapura, hilang kontak pada Minggu (28/12) pagi. Pesawat hilang kontak pukul 6.12 WIB disekitar Pontianak dan pulau Tanjung Pandan, setelah take off dari Bandara Juanda pada pukul 5.36 WIB.

Basarnas pada Minggu sore sudah menyatakan bahwa pesawat kemungkinan jatuh di lautan sekitar kepulauan Bangka dan perairan Karimata.

 

MENARIK DIBACA

loading...

5 KOMENTAR

  1. Ya. .kesempatan .. siapa tahu kritiknya jadi terkenal meski di atas duka. Menteri Perhubungan diminta bertanggung jawab menyapu bersih menyingkirkan awan ….. he he. Asal jeplak …..

Tanggapan Pembaca