Pimpinan MPR 2014-2019 Terpilih Dilantik Ketua MA

0

Sidang_Paripurna_MPR

Jakarta – Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali, melantik lima pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2014 – 2019 di Gedung DPR/MPR hari ini, Rabu (8/10). Pelantikan ini dilakukan setelah pemilihan melalui voting berhasil dimenangkan kubu Koalisi Merah Putih (KMP) atas kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

KMP mengusung paket pimpinan MPR dengan calon ketua Zulkifli Hasan (PAN) dan Wakil Ketua MPR terdiri dari Mahyudin (Golkar), EE Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), serta Oesman Sapta Odang (DPD). Sementara KIH mengusung Oesman Sapta Odang (DPD) sebagai calon Ketua MPR, dan empat Calon Wakil Ketua yaitu Ahmad Basarah (PDI-P), Imam Nahrawi (PKB), Patrice Rio Capella (Nasdem), dan Hazrul Azhar (PPP).

Dalam sambutan pelantikan, Hatta Ali memberikan nasehat pada Pimpinan MPR terpilih untuk menegakkan kehidupan demokrasi, serta konsisten untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah untuk mewujudkan tujuan nasional. Hatta juga mengingatkan agar Pimpinan MPR selalu menjaga Dasar Negara Pancasila dn UUD 45.

“Saudara wajib bersumpah dan berjanji sesuai agama saudara, menerapkan nilai Pancasila, mematuhi Undang-undang Dasar 1945, beserta Peraturan turunan Undang-Undangnya,” kata Hatta.

Kelima Pimpinan MPR mengambil sumpahnya dengan didampingi tokoh agama sesuai agama dan keyakinannya masing masing.

“Saya akan terus menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti terhadap bangsa dan negara. Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah, untuk mewujudkan tujuan nasional,” ucap sumpah kelimam Pimpinan MPR.

Setelah Hatta Ali menandatangani buku pelantikan tersebut, pimpinan MPR sementara Maemanah Umar, dari Fraksi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), menyerahkan secara simbolis palu persidangan MPR.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca