KNKT Terlambat, Operasi Penyelaman Gagal di Lakukan

0
QZ 8501 hilang
Tim penyelam sedang bersiap melakukan penyelaman untuk mencari Air Asia QZ-8501

Jakarta – Operasi penyelaman untuk mencari korban pesawat Air Asia QZ-8501 yang rencananya dilakukan pada Kamis (1/12) gagal dilakukan, Tim penyelam dari Basarnas Special Group (BSG) dan Penyelam Denjaka TNI AL gagal melakukan operasi penyelaman karena kapal tertunda keberangkatannya akibat menunggu kedatangan tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Rencana semula Kapal Negara (KN) 101 SAR Purworejo akan berangkat pukul 7.00 WIB pagi dan seluruh kru dan tim penyelam sudah bersiap sejak pagi. Mesin kapal sudah dinyalakan sejak pukul 6.00 pagi, namun kapal tidak kunjung berangkat melakukan operasi.

“Ini kita lagi nunggu, KNKT datang kita langsung berlayar,” jelas kapten kapal Adil Triyanto, kepada media saat itu diatas kapal KN 101 Purworejo.

Namun hingga menjelang siang tim dari KNKT tidak kunjung datang, sehingga kapal gagal berangkat sesuai jadwal yang ditentukan. Para kru dan penyelam yang sudah siap-siap sedari pagi dilaporkan sangat kecewa dengan kejadian tersebut.

Karena hari sudah semakin siang, operasi penyelaman untuk mencari korban Air Asia QZ-8501 tidak mungkin dilakukan. Apalagi pada sekitar pukul 11.0 siang hujan deras melanda pelabuhan Kumai. “Perjalanan dari sini ke lokasi penyelaman memakan waktu paling cepat empat jam,” jelas Adil.

Dari informasi dilapangan, kapal KN 101 Purworejo akhirnya tetap diberangkatkan menjelang sore sekitar pukul 15.00 sore. Kapal KN 101 diperntahkan berangkat untuk mendrop para penyelam ke KRI Banda Aceh untuk melakukan operasi penyelaman pada Jumat (2/12).

Kepala Basarnas Bantah KNKT Terlambat Datang

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo membantah berita terhambatnya pencarian korban pesawat Air Asia QZ-8501 karena KNKT terlambat datang ke kapal KN 101 Purworejo.

Bambang memastikan bahwa tim KNKT sudah berada diatas kapal KN 101 Purworejo pagi tadi dan tidak terlambat untuk melakukan operasi pencarian korban Air Asia QZ-8501

“Ini informasi tidak pas, yang betul mereka sudah berada di KN Purworejo,” jelas Bambang di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/1).

Dijelaskan juga oleh Bambang bahwa tim KNKT sudah siaga di Pangkalan Bun. Sehingga menurutnya tidak mungkin KNKT terlambat datang berjam-jam ke pelabuhan yang jaraknya tidak jauh dari kota Pangkalan Bun.

MENARIK DIBACA

loading...

2 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca