Budi Gunawan Calon Tunggal Kapolri, Penyusun Visi Misi Jokowi

0

Jakarta – Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sudah dipastikan sebagai satu-satunya calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Penunjukan Budi sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jendral Sutarman, mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak. Bahkan ada yang menuding Presiden menunjuk Budi karena alasan kedekatan mereka selama ini.

Sebagaimana diketahui, Komjen Budi Gunawan saat pemilihan Presiden sangat dekat berhubungan dengan PDIP dan pasangan Jokowi – Jusuf Kalla. Banyak pihak masa itu meragukan netralitas Polri diantaranya adalah karena seringnya melihat Budi bersama-sama dengan Tim sukses pasangan Jokowi – JK.

Nampaknya kini hal tersebut tidak ditampik oleh politisi PDIP yang juga adalah ketua Bidang Hukum Pengurus Pusat PDIP, Trimedya Panjaitan.

Trimedya mengakui bahwa Budi memang dekat dan akrab dengan kalangan PDIP, tidak terkecuali dengan Presiden Jokowi. Bahkan, jelas Trimedya, Budi adalah salah satu pihak yang ikut menyusun visi-misi Jokowi-JK.

“Waktu menyusun visi-misi dalam bidang pertahanan dan keamanan, beliau dilibatkan,” ungkap Trimedya kepada wartawan di kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (10/1).

Diceritakan juga oleh Trimedya, bahwa Komjen Budi sudah lama akrab dan sering berinteraksi dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh PDIP. Sebagai mantan Ajudan Megawati, Budi dirasakan memiliki ketertarikan yang kuat dengan PDIP.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi pada hari Jumat (9/1), akhirnya menetapkan calon tunggal Kapolri yang diajukan ke DPR RI. Jokowi menunjuk Komjen Budi Gunawan sebagai satu satunya calon, setelah sebelumnya Kompolnas menyerahkan sembilan nama calon Kapolri pengganti Jendral Sutarman.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca