Ahok Menuding Warga Sebagai Penyebab Banjir

16
Basuki T Purnama alias Ahok, Gubernur DKI Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan banyaknya tanggul yang jebol mengakibatkan beberapa kawasan di Jakarta terendam banjir. Ahok menuding warga yang tinggal didaerah sekitar tanggul sebagai penyebab jebolnya tanggul tersebut.

“Kenapa tanggulnya jebol? Itu ada rumah perluasan setengah kali ditempatin warga. Jadi, otomatis jika ada terjangan (air atau air hujan), akan mengikis (tanggul),” kata Ahok di Balai Kota pada media, Senin (15/2).

Ahok menjelaskan beberapa tanggul seperti di Cijantung, Jakarta Timur dan Lebak Sawah, Jakarta Selatan, jebol karena ulah warga. Ini diketahui Ahok saat meninjau tanggul yang jebol didaerah tersebut. Banyak warga yang membangun rumah di kawasan tanggul. “Dinding tanggul tidak akan terkikis jika tidak tertutup semen fondasi rumah warga,” jelas Ahok.

“Ya habis, langsung jebol tanggulnya. Dari awal sudah saya katakan, Selatan-Timur pasti meluap (sungainya),” tegas Ahok.

Pada tahun 2015 saat terjadi banjir di daerah Pluit, Ahok menuding PLN sebagai penyebab terjadinya banjir karena mematikan aliran listrik ke rumah pompa di Pluit.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca