Untuk Rubah Perilaku Masyarakat, Menteri Puan Gunakan Anggaran Rp 149 Milyar

2
Puan Maharani, Menko PMK

Jakarta – Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 149 Milyar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN – P) tahun 2015, yang telah disetujui Badan Anggaran DPR RI.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menjelaskan bahwa anggaran Rp 149 Milyar tersebut akan dugunakan untuk mengubah perilaku masyarakat sesuai dengan program Revolusi Mental yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lebih lanjut Menteri PPN/Kepala Bapenas meyakinkan bahwa dana tersebut tidak lah besar mengingat penggunaannya yang lintas sektor dan akan digunakan sepanjang tahun. Dana tersebut, lanjut Adrianof, akan digunakan untuk sosialisasi program revolusi mental berupa kampanye melalui iklan dan berbagai program sosialisasi lainnya.

“Revolusi mental itu kan mengubah perilaku, jadi kampanye iklannya untuk mengubah perilaku,” ungkap Andrinof di Istana Bogor, Jumat (20/2).

Adrianof juga menjelaskan bahwa penggelolaan dana tersebut sepenuhnya dibawah pengelolaan Menko PMK, Puan Maharani. Sementara dalam pelaksanaannya akan dibagikan kepada kementerian terkait, seperti Kementerian Sosial, Kementerian Agama, atau kementerian lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.

Sebagaimana diketahui, Menko PMK telah mengajukan tambahan anggaran untuk kementerian yang dipimpinnya saat pembahasan Anggaran bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Puan mengajukan tambahan dana sebesar Rp149 Milyar yang menurutnya akan digunakan untuk program Revolusi Mental. Namun saat Rapat dengan Banggar DPR tersebut Puan tidak merinci program seperti apa yang akan dilakukan kementerian yang ia pimpin.

 

MENARIK DIBACA

loading...

27 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca