Tokopedia Mendapat Suntikan Investasi USD 100 Juta

1

Tokopedia Release

Jakarta – PT. Tokopedia, pemilik marketplace lokal asal indonesia www.tokopedia.com, hari ini Rabu (22/10) mengumumkan kerjasama dengan SoftBank Internet and Media, Inc. (SIMI) dan Sequoia Capital (SC). Dalam kerjasama ini, SMI bersama Sequoia Capital akan mengucurkan investasi sebesar USD 100 Juta atau sekitar Rp 1,2 Trilyun untuk pengembangan bisnis Tokopedia.

Dalam release di tokopedia.com disampaikan bahwa SMI akan memimpin investasi yang terbesar dalam sejarah bisnis online di Indonesia ini. SMI akan memimpin Sequoia Capital dan pemegang saham sebelumnya seperti SB Pan Asia Fund untuk menanamkan investasi USD 100 juta. SIMI dan Sequoia Capital akan menempatkan perwakilannya dalam jajaran Board Of Director di Tokopedia.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, menjelaskan alasan menerima investasi SIMI dan SC diantaranya karena pengalaman yang dimiliki investor dalam mengembangkan bisnis internet.

“Tokopedia bukanlah perusahaan e-commerce. Tokopedia adalah sebuah perusahaan internet, yang membantu orang lain melakukan e-commerce dengan mudah dan aman. Saya selalu berkeinginan untuk membangun sebuah platform, dan saya tahu ini adalah bisnis jangka-panjang yang sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Oleh karenanya saya membutuhkan partner jangka-panjang yang dapat mengerti mengenai hal ini.” jelas William.

Dengan masuknya SIMI ke Tokopedia, maka ini akan menjadi bisnis pertama perusahaan asal Jepang tersebut di Indonesia. SIMI atau biasa disebut Softbak, adalah juga pemilik saham terbesar di perusahaan terkemuka dari China, Alibaba. Softbak dipimpin oleh pengusaha asal jepang Masayoshi Son (57), yang kekayaannya meningkat drastis akibat IPO Alibaba di New York Stock Exchange (NYSE) mendapat respon luar biasa bulan lalu.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca