Suharso Monoarfa Minta Pemerintah Kembalikan Kedaulatan Rupiah

0
Suharso Monoarfa

Jakarta – Mantan Menteri Perumahan Suharso Monoarfa meminta pemerintah segera mengembalikan kedaulatan terhadap mata uang rupiah yang selama ini menjadi mata uang dalam negeri.

Dia menyatakan, saat ini Indonesia hanya menjadi pasar tujuan negara-negara industri dari luar negeri. Transaksi perdagangan internasional menggunakan mata uang dolar Amerika sebagai alat transaksi.

“Akibatnya kita mesti membayar dengan dolar, maka kita harus mengocek sedalam-dalamnya US Dolar untuk beli,” katanya kepada wartawan di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (20/12).

Bahkan, lanjutnya, penggunaan dolar AS sebagai alat pembayaran tidak hanya terjadi saat melakukan transaksi bisnis internasional, melainkan juga saat melakukan transaksi di dalam negeri.

“Hotel kita bayar dollar. Penerbangan kita bayar dollar. Transaksi dengan proyek-proyek pemerintah pakai dollar,” beber politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Oleh karena itu, dia merasa aneh jika pada akhirnya dolar lah yang kerap dijadikan standard pembayaran berbagai transaksi. Sebab, Indonesia adalah negara yang mengakui penggunaan mata uang rupiah.

“Ini negara Rupiah. Maka kembalikanlah kedaulatan rupiah itu. Ini bukan soal sepele dan ini kebijakan, diputuskan seperti itu,” pungkasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca