Rizal Ramli Temui Ketua DPD Usulkan Alternatif Selain Naikkan Harga BBM

1

Jakarta – Mantan Menteri Ekonomi Rizal Ramli menemui Ketua DPD Irman Gusman bahas opsi lain untuk pemerintah selain menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Rizal Ramli mengungkapkan, masih banyak solusi kebijakan yang bisa diambil pemerintah untuk meningkatkan ruang fiskal yang nilainya bisa mencapai di atas 500 T. Menurutnya, kenaikan harga BBM sebesar 3000 rupiah bukanlah satu-satunya jalan untuk menutup defisit ruang fiskal di APBN.

“Apa betul harga BBM harus naik 3000 rupiah? Menurut kami angka itu tidak benar,” katanya di ruang pimpinan DPD di komplek Parlemen Senayan Jakarta, Senin (10/11).

Apalagi, lanjutnya, saat ini ada kemungkinan harga minyak mentah dan gas di seluruh dunia akan turun. Kenaikan harga BBM di atas 3000 rupiah melampaui harga keekonomian dan berbahaya bagi kelangsungan pemerintah. “Jika Jokowi melakukan ini, bisa diimpeach dia,” tandasnya.

Rizal Ramli menganggap, masih ada cara lain yang bisa ditempuh pemerintah diluar kenaikan harga BBB. Salah satunya adalah dengan jalan menurunkan tingkat oktan pada premium yang diedarkan ke masyarakat yang saat ini nilai oktannya masih berada di kisaran 88 sampai 90.

Padahal, imbuhnya, di Amerika Serikat premium yang beredar nilai oktannya berada di kisaran 86. Bahkan, di negara bagian Colorado, Oktannya hanya mencapai 83. “Kalau itu dilakukan, mobil bagus (mewah) tidak akan lagi menggunakan bensin rakyat yang oktannya 83,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca