Ribuan Buruh Jawa Timur Duduki Grahadi

2

Surabaya – Ribuan buruh yang berasal dari ring satu Jawa Timur mendatangi gedung Grahadi pada Rabu (19/11) siang. Buruh yang berasal dari kota Surabaya, Sidoarjo Mojokerto, Pasuruan dan Gresik menyemut memenuhi jalan didepan grahadi dan membuat beberapa ruas jalan disekitar Grahadi dialihkan.

Tujuan kedatangan para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini adalah untuk mendesak Gubernujr Jawa Timur, Soekarwo, segera mengesahkan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) yang telah disepakati antara perwakilan buruh dengan Walikota/Bupati setempat.

Koordinator buruh meneriakan tuntutan agar Gubernur segera mengesahkan kesepakatan tersebut dan memperhatikan nasib buruh di Jawa Timur.

“Jangan mau dijadikan budak oleh kepentingan asing, jangan sampai nasib kaum buruh tidak diperhatikan oleh Pakde Karwo, buruh bersatu tak dapat dikalahkan,” ujar salah satu koordinator unjuk rasa dihadapan ribuan para buruh.

Hingga berita ini ditulis belum ada kesepakatan antara KSPI dengan Gubernur Jawa Timur. Para pengunjuk rasa mengancam akan terus mengadakan unjuk rasa sampai tuntutan mereka dipenuhi. Bahkan pengunjuk rasa mengancam akan menduduki Grahadi bila keputusan Gubernur tidak sesuai dengan hasil rekomendas Bupati/Walikota yang sudah disampaikan.

“Apabila keputusan yang akan diambil oleh Gubernur Jawa Timur nanti tidak sesuai dengan hasil rekomendasi, maka kami buruh tidak segan segan akan menduduki Grahadi,” teriak salah satu koordinator unjuk rasa dari pengeras suara.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca