Ribuan Buruh Dari 4 Kota di Jawa Timur Kepung Grahadi

1
Unjuk Rasa Buruh Depan Grahadi Surabaya (13/11/2014}

Surabaya – Ribuan buruh dari 4 kota di Jawa Timur melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (13/11) siang. Buruh yang berasal dari Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan sejak siang mulai memasuki kota Surabaya dan memadati jalan-jalan yang menuju ke arah Grahadi yang berada ditengah kota. Akibatnya beberapa ruas jalan di Surabaya mengalami kemacetan parah, seperti yang terlihat di jalan Ahmad Yani Surabaya.

Aksi unjuk rasa aliansi buruh se Jawa Timur ini diadakan oleh Komite Aksi Anti Upah Murah (KAAUM) yang menuntut Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengikuti rekomendasi bupati tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di 4 daerah tersebut. Aksi diikuti juga oleh buruh dari Surabaya.

“KAAUM meminta Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, agar dalam UMK 2015 tetap berpedoman pada rekomendasi Bupati, khususnya empat daerah diatas, serta meminta agar Gubernur melakukan upgrade terhadap UMK selain 4 daerah penyangga Kota Surabaya, yang angkanya tidak masuk akal, atau terlalu rendah” jelas Sukarji, Koordinator KAAUM.

Upah Minimum Kabupaten/Kota yang sudah disepakati oleh pihak buruh dengan pemerintah Kabupaten/Kota sebagai berikut:

Kabupaten Mojokerto Rp 2.697.000
Kabupaten Pasuruan Rp 2.700.000
Kabupaten Sidoarjo Rp 2.710.000
Kabupaten Gresik Rp 2.727.000

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca