Puluhan Ribu Buruh Akan Kepung Jabodetabek Selama 2 hari

4
Edaran Demo Buruh secara Nasional pada 10 Desember 2014

Jakarta – Diperkirakan 50.000 ribu buruh yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan melakukan aksi unjuk rasa besok Rabu (10/12) di DKI Jakarta. Puluhan ribu buruh ini akan memasuki Jakarta dan melakukan aksi unjuk rasa.

Rencananya unjuk rasa puluhan ribu buruh ini akan dilakukan selama dua hari hingga tanggal 11 Desember dengan mengusung tuntutan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Tarif Dasar Listrik (TDL). Aksi ini dilakukan oleh buruh yang tergabung dalam berbagai elemen organisasi buruh seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konferedasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan 40 lebih elemen lainnya.

“Kita mau membawa isu UMP (Upah Minumum Provinsi) di tiap daerah, kemudian efek kenaikan harga BBM bersubsidi dan TDL (Tarif Dasar Listrik), menuntut jaminan kesejahteraan, kesehatan, keselamatan, dan menghapus sistem outsourcing,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam release nya kepada media.

Puluhan ribu buruh ini akan membanjiri Bundaran Hotel Indonesia (HI) sebagai titik kumpul. Direncanakan mulai pukul 7.00 WIB buruh sudah bergerak dari berbagai lokasi di Jakarta dan sekitar menuju Bundaran HI dan diperkirakan pada pukul 10.00 WIB buruh sudah berkumpul di Bundaran HI. Massa buruh akan melakukan long macrh dari Bundaran HI menuju jalan Thamrin Jakarta.

Rencana aksi buruh ini sudah disampaikan kepada pihak kepolisian pada Senin (8/12) lalu. Kapolda Metro jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono menyampaikan bahwa polisi akan menerjukan sebanyak 15.000 personil pengamanan, yang akan dipusatkan di Bundaran HI.

“Kita lakukan pengawalan supaya tertib, dan setiap anggota dari Kapolres masing-masing untuk mengikuti dari belakang masing-masing wilayah tempat buruh berangkat,” ujar Unggung.

 

 

MENARIK DIBACA

loading...

2 KOMENTAR

Tanggapan Pembaca