Politisi PDIP Effendi Simbolon Justru Kecewa Pemerintah Naikkan BBM

0
Effendi Simbolon

Effendi-Simbolon

Jakarta – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Effendi Simbolon mengungkapkan kekecewaannya menyusul keputusan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kalau Pemerintah ini Presidennya bukan dari PDIP saya biasa saja. Tapi, saya kecewa,” katanya kepada wartawan di gedung DPR Jakarta, Selasa (18/11).

Dia menyesalkan, pemerintah akhirnya mengurangi subsidi BBM. Padahal, ucapnya, subsidi wajib dilakukan oleh negara pada industri yang bersifat strategis dan mempunyai dampak kepada daya beli masyarakat. “Memangnya Indonesia menganut paham liberal? ” tanyanya.

Menurut Effendi, banyak cara lain yang bisa ditempuh pemerintah untuk menutup defisit APBN selain mengurangi subsidi BBM. Antara lain, dengan membedakan harga bbm berdasarkan nilai Oktan seperti yang sering diusulkan mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli. “Kan banyak cara. Misalnya, seperti Rizal Ramli bilang, oktannya dipisah,” ujarnya.

Namun demikian, dia menegaskan, kekecewaannya terhadap kenaikan harga BBM adalah pendapatnya pribadi dan tidak ada niatannya menggalang dukungan di DPR. “Gak ada urusan saya galang-menggalang,” tutupnya.

Seperti diketahui, Fraksi PDIP di DPR justru mengaku bisa memahami kebijakan  Presiden Jokowi menaikkan harga BBM. Bahkan, PDIP berencana menuangkan sikap resmi fraksi yang mendukung kebijakan BBM ke dalam sebuah buku putih.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca