Faisal Basri : Penghapusan Premium Diharapkan Bisa Segera Terlaksana

4
Ketua Komite Reformasi tata Kelola Migas, Faisal Basri dalam diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu(27/12).

Jakarta – Komite Reformasi Tata Kelola Migas Berharap penghapusan bahan bakar jenis RON88 atau yang dikenal dengan nama Premium bisa segera dilakukan.

Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kajian atas rencana pergantian bensin beroktan 88 menjadi bensin dengan nilai oktan 92 yang selama ini dipasarkan Pertamina dengan sebutan Pertamax.

“Kami sudah menelaah, harapannya secepatnya,” katanya usai diskusi di Warung Daun Cikini di Jakarta, Sabtu (27/12).

Dia menyatakan, Komite Reformasi Tata Kelola Migas tetap memberikan tenggat waktu 5 bulan bagi Pertamina untuk menjalankan transisi dari menaikkan nilai oktan bensin yang diedarkan ke masyarakat. Meskipun, sejauh ini Pertamina sudah menyampaikan siap melakukan transisi ke bensin RON92 dalam waktu kurang dari 5 bulan.

Menurutnya, kesiapan Pertamina menyangkut kepada semua hal yang berkaitan dengan transisi dari Bensin jenis RON88 ke RON92. Termasuk persoalan kesiapan di bidang distribusi dan produksi. “Kami sudah tanya Pertamina, dua bulan (mereka) siap,” lanjutnya.

Nantinya, bensin beroktan 92 yang selama ini dipasarkan oleh Pertamina dengan nama Pertamax akan dijual seharga Rp. 8500 per liter, sama dengan harga bensin bersubsidi pada saat ini. Faisal menyampaikan, Komite Reformasi Tata Kelola Migas yang dinakhodainya telah memberikan saran kepada pemerintah, agar tetap memberikan subsidi BBM walaupun Premium dihapuskan.

Komite Reformasi Tata Kelola Migas telah merekomendasikan kepada pemerintah untuk tetap menggelontorkan subsidi BBM terhadap pengguna bensin beroktan 92 saat Premium sudah benar-benar dihapus. Namun demikian, imbuhnya, besaran subsidi hanya diberikan sebesar Rp. 500, dengan menggunakan mekanisme batas atas dan batas bawah sesuai dengan harga keekonomian pasar. “Sehingga, sarannya subsidi tetap,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

TINGGALKAN TANGGAPAN

Sila masukan komentar anda
Silahkan masukan nama disini