Pemerintah Tunjuk Sofyan Basir Sebagai Dirut PLN Gantikan Nur Pamudji

3
Sofyan Basir, Direktur Utama PLN 2014 - 2019

Jakarta – Pemerintah akhirnya menunjuk Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PT. PLN (Persero) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diadakan hari ini, Selasa (23/12), di kantor Kementerian BUMN. Sofyan diangkat menjadi Dirut PLN menggantika Nur Pamudji, untuk periode 2014 – 2019.

Pengangkatan Sofyan yang saat ini masih menjabat Dirut PT. Bank BRI, dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno dengan didampingi Menteri ESDM Sudirmain Said.

Pemilihan Sofyan sebagai Dirut PLN dengan pertimbangan kemampuan nya selama ini dalam membesarkan Bank BRI sangat dibutuhkan dalam memperbaiki kondisi PLN saat ini.

“Kami menganggap, dibutuhkan putra terbaik untuk memimpin PLN. Saya, dan Pak Menteri ESDM, dan sudah direstui Pak Presiden Joko Widodo, menunjuk Pak Sofyan Basir sebagai Presdir PLN, dan Pak Chandea Hamzah sebagai Presiden Komisaris,” ungkap Rini kepada media malam ini, Selasa (23/12).

Rini menjelaskan, selain mengangkat Dirut, jajaran direksi dan komisaris pun dirombak untuk meningkatkan kinerja PLN. Tujuh orang direksi baru akan membantu Sofyan di PLN, yaitu Sarwon Sudarto, Nicke Widyawati, Supangkat Iwan Santoso, Amin Subekti, Amir Rosidin, Murtaqi Syamsuddin, dan Nasri Sebayang.

Sementara dijajaran Komisaris, pemegang saham memutuskan mengangkat Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama. Sementara komisaris lainnya adalah Budiman dan Hasan Bisri.

Chandra Hamzah adalah mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang saat ini juga sedang bertugas sebagai anggota Komite Reformasi Tata Kelola Migas yang dipimpin Faisal Basri.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca