Pemerintah siapkan 16 Pengacara menghadapi Gugatan Newmont

0

Jakarta – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM ), Mahendra Siregar, menyampaikan pemerintah tengah memproses pengadaan pengacara untuk menghadapi gugatan PT Newmont. Sebanyak 16 pengacara yang memiliki affiliasi Internasional akan mewakili pemerintah menghadapai gugatan arbitrase PT. Netwmont di International Centre for Settlement of Investment Disputes (ISCID).

“Kami undang 16 pengacara dalam konteks kantor hukum itu yang memiliki cabang di Indonesia tetapi afiliasinya itu internasional,” kata Mahendra yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Gugatan Arbitrase di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 17 Agustus 2014.

Mahendra juga menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mau bertemu dengan Newmont untuk berunding selama gugatan di arbitrase tidak dicabut.

“Bahwa kita akan melakukan pertemuan lebih lanjut kalau dalam basis saling menghormati. Kalau memang masih ada gugatan itu tentu lebih baik kita fokus pada langkah-langkah untik menghadapi ISICID,” jelasnya.

Menurut Mahendra, begitu penunjukan pengacara tuntas, maka perkara bisa masuk substansi dan kemudian pemilihan arbiter. “Harapannya segera selesai dengan lancar,” ujar dia.

PT Newmont Nusa Tenggara menggugat pemerintah Indonesia ke badan arbitrase internasional seputar pembayaran royalti kontrak karya dan pelarangan ekspor konsentrat sesuai amanat UU Minerba.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca