Membangun Rumah Minimalis dengan biaya efisien

0

houseRumah minimalis sederhana, konsep rumah ini menjadi trend di Indonesia dalam 2 tahun terakhir ini meski ide ini bukan ide baru.

Konsep rumah ini menampilkan unsur kesederhanaan atau simple , dengan memperhatikan efisiensi ruangan yang diinginkan.

Rumah sederhana memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah biaya yang tidak terlalu besar untuk mendirikan rumah, keuntungan lainnya adalah perawatannya mudah dan murah.

Dengan keuntungan tersebut banyak orang memilih membangun rumah yg sederhana namun tetap menjaga penampilan rumah agar bersih dan indah.

Rumah sederhana biasanya juga dibangun pada lahan yg kurang besar shg yg diperhatikan dalam pembangunan rumah adalah kebutuhan dari ruangan2 yg akan dibangun.

Akibat dari ruangan yg tidak terlalu besar maka pemilihan dari furniture ruangan harus tepat, penggunaan ornamen2 yg tidak perlu sebaiknya dihilangkan. Pemilihan aksesoris ruangan juga jangan terlalu besar namun memiliki bentuk yg unik shg memancarkan kesan yang exclusive.

Rumah yg didesain sederhana akan terlihat indah jika digabungkan dengan konsep minimalis, krn konsep minimalis mrp konsep rumah yg sangat cocok dan mirip dg rumah sederhana yaitu mengutamakan desain simple namun tetap menjaga agar rumah terlihat mewah dan elegan.

Penggabungan ini akan menghasilkan rumah minimalis sederhana, dengan interior yg elegan juga eksterior dengan unsur estetika yg tinggi.

Dengan penggabungan ini maka desain rumah akan menjadi menarik namun tetap sederhana, karakteristik dari rumah minimalis namun memiliki kelebihan dari rumah sederhana.

Penggunaan elemen elemen yg biasa digunakan dalam interior rumah minimalis seperti kayu, batu alam dan lainnya akan melepas jauh kesan “sederhana” dari rumah yg kita bangun.

Dengan efisiensi ruangan dan biaya membuat pilihan membuat rumah minimalis sederhana akan menjadi pilihan tepat bagi Anda, khususnya pasangan suami istri yg baru.

Membangun Rumah Murah dengan desain dan biaya terjangkau

Tiga hal penting yang harus dipenuhi untuk mewujudkan rumah murah yakni

  • penggunaan tenaga arsitek, 
  • perencanaan struktur rumah, 
  • dan penggunaan material yang tepat.

Untuk hal pertama, masih banyak masyarakat yang terjebak pada anggapan keliru soal arsitek. Masyarakat menilai  jasa arsitek itu selalu mahal sehingga pembangunan dirasa murah tanpa arsitek.

Tidak semua arsitek menetapkan tarif yang tinggi. Tak sedikit  arsitek yang siap memberikan jasanya dengan tarif yang sesuai dengan kantong.  Bahkan salah satu produsen Semen di Indonesia telah memberikan fitur ini dalam salah satu layanan retailnya.

Dengan menggunakan jasa arsitek, masyarakat dapat menghemat biaya karena arsitek bisa membantu dalam membuat struktur, ruangan, dan pemilihan material yang efisien dan efektif.  Menggunakan jasa arsitek juga membantu Anda dalam membuat desain rumah yang baik.

Hal kedua yang harus dipenuhi adalah perencanaan struktur. Agak berbeda dengan desain rumah beranggaran dana longgar, desain rumah murah justru dimulai dengan desain sistem strukturnya terlebih dahulu, bukan dimulai dari desain arsitekturnya.

“Sistem struktur yang efisien sangat menentukan anggaran konstruksi rumah, karena biasanya biaya struktur rumah sekitar 40-50 persen dari biaya keselururuhan,” ungkap Yu Sing.

Salah contohnya adalah merencanakan struktur atap. Untuk bagian ini, penggunaan atap fiber semen (tanpa kandungan asbestos) misalnya akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan atap genteng, karena tidak diperlukan kaso dan reng.

Selain itu, kalau lebar rumah tidak lebih dari 400 cm, maka tidak diperlukan struktur kuda-kuda.  Jarak antara lantai satu dengan dua sebenarnya cukup 250 cm jika memiliki bukaan dan ventilasi cukup untuk ukuran ruangnya. Hal ini bisa menghemat biaya dinding, struktur kolom, dan tangga.

Struktur lantai dua juga dapat menggunakan struktur rangka multipleks yang dapat dilapisi cor semen tipis dengan pelapis keramik. Struktur lantai ini akan lebih ringan dibandingkan lantai beton sehingga kolom dan balok penyangganya bisa jauh lebih kecil.

Poin terakhir yang tak kalah penting dalam menekan biaya pembangunan rumah adalah penggunaan material atau bahan bangunan dengan harga relatif murah. Cukup banyak material mendasar atau murah yang dapat dieksplorasi pemakaiannya atau cara pemasangannya untuk membentuk sensasi ruang yang menarik.

Misalnya bata merah saja dapat memiliki banyak sekali kemungkinan cara penyusunannya. Dapat dipasang seperti biasa, atau diberi jarak antara bata merahnya sehingga dindingnya berlubang-lubang, atau bata dipasang dengan variasi susunan satu bata dan setengah bata, dan lain-lain.

Contoh lain material murah adalah bambu. Biasanya bambu dipandang sebagai bahan sekunder, tapi saat ini sedang menjadi material yang digemari karena kekuatan seratnya yang dapat menggantikan baja tulangan. Dengan sistem pengawetan yang baik, bambu dapat menjadi material primer rumah yang mampu bertahan puluhan rumah. Selain itu, juga bisa memanfaatkan material bekas atau daur ulang seperti kusen atau daun pintu.

Tips membangun dengan biaya efisien :

  1. Buat daftar skala prioritas, pertimbangkan kebutuhan yg paling mendesak. Jika kebutuhan itu menyangkut fungsionalitas ruang maka hal ini bisa diprioritaskan.
  2. Singkirkan kebutuhan yg hanya berdasar keinginan saja
  3. Buat perkiraan biaya pembangunan rumah dg mempertimbangkan budget yg telah anda siapkan. Anda perlu lebihkan budget hingga 20% untuk antisipasi kenaikan harga
  4. Manfaatkan material bekas pakai yg masih dlm keadaan baik dan bisa dipergunakan : misalkan anda butuh keramik utk lapisi dinding dapur, coba gunakan pecahan keramik dari bongkaran ruangan sebagai mozaik di dinding dapur

[AdNshare]

Fadjar Hutomo

Pemerhati keuangan dan bisnis personal | penikmat alam & olahraga | venture capitalist | financial planner

Latest posts by Fadjar Hutomo (see all)

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca