FOKUS

Koperasi Petani China Bagikan SHU Rp25 Milyar untuk 340 anggota

2

warga-china-mengantre-pembagian-uang-rp-26-miliar-1

China РRatusan Petani Warga Desa Jianshe, Lianshan, China, selasa pagi (14/1) mengantri pembagian Uang Tunai lebih dari 13 Juta Yuan atau setara Rp 25 Milyar. Uang tunai sebanyak itu ditumpuk membentuk dinding sepanjang 2 meter di depan warga yang mengantri dengan rapi.

[ads2][ads1]

Uang tersebut merupakan Sisa Hasil Usaha tahun 2013 dari Koperasi Pedesaan yang memiliki usaha peternakan dan perusahaan investasi. Sebanyak 340 Petani di desa tersebut adalah anggota yang ikut mendirikan Koperasi pada tahun 2010.

“Koperasi yang didirikan 2010 itu kemudian membuka usaha peternakan babi, perkebunan buah ceri dan berinvestasi di empat pembangkit air skala kecil di Sichuan,” kata salah seorang pejabat desa, yang bernama Zhu.

Koperasi itu menjanjikan bonus tahunan atau sisa hasil usaha, meski anggota tak terlibat langsung dalam pengelolaan. Besar nya Bonus yang diterima setiap petani berbeda satu dengan yang lainnya tergantung besarnya kontribusi masing masing anggota.

“Saya butuh waktu lama menghitung uang yang saya terima. Tangan saya sampai kelelahan,” kata Jin Ou, seorang warga desa yang mendapatkan uang sebesar 300.000 yuan.

Sementara itu, Yang Huai yang menerima 200.000 yuan mengatakan, membagikan uang bonus secara tunai seperti ini sudah menjadi tradisi desa tersebut sejak 2010.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca