Kebijakan Baru Terkait Subsidi BBM Diumumkan Sebelum Januari 2015

0
Menkeu Kabinet Kerja Jokowi - JK, Bambang Brodjonegoro

Jakarta – Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa kebijakan baru yang akan diambil pemerintah terkait subsidi BBM akan diumumkan sebelum Januari 2015.

“Menteri ESDM akan mengumumkan kebijakan baru terkait BBM bersubsidi. Yang pasti minggu depan sebelum tanggal 1 (Januari),” jelas Bambang di Jakarta, Rabu (24/12).

Hal ini disampaikan Bambang terkait pernyataan pemerintah sebelumnya yang menyampaikan bahwa subsidi BBM mulai tahun 2015 akan diberikan dalam bentuk skema subsidi dengan besaran tetap.

Dengan skeman subsidi ini pemerintah akan memberikan subsidi tidak lagi tergantung harga jual minyak tapi nilai subsidi perliter yang tetap.

Berapapun harga minyak dunia besaran subsidi yang diberikan pemerintah nilainya akan tetap untuk tiap liternya.

Dengan skema subsidi BBM yang baru ini postur subsidi di APBN tidak lagi terpengaruh dengan fluktuasi harga minyak dunia. Menkeu menjelaskan bahwa salah satu acuan penentuan besaran subsidi tetap itu adalah kurs rupiah terhadap dolar AS.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil juga menyampaikan bahwa pemerintah akan mengumumkan kebijakan BBM bersubsidi pada akhir tahun.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca