Kartubi : Pemerintah Jelaskan Secara Transparan Alasan Kenaikan BBM

1

Jakarta – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyarankan pemerintah menjelaskan secara transparan argumen yang mendasari rencana pemerintah menaikkan harga.

Ketua DPP Nasdem yang juga pakar perminyakan Kurtubi menyatakan dukungannya secara penuh rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Karena Nasdem adalah salah satu partai pendukung pemerintah, maka secara otomatis mendukung rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Namun demikian, pemerintah dianggap perlu menjelaskan kondisi yang ada pada saat ini. “Cuma kita sarankan ke pemerintah agar bisa jelaskan kepada rakyat secara jujur dan transparan kondisi nyata, kondisi objektif kita saat ini, baik dari sisi perminyakan maupun dari sisi ekonomi,” katanya di Jakarta, Selasa (11/11).

Menurutnya, saat ini produksi minyak hanya bisa memenuhi seperempat dari kebutuhan nasional. Akibatnya, negara harus mengimpor minyak dan terjadi defisit neraca perdagangan dan APBN.

Oleh karena itu, jika pemerintah menaikkan harga BBM, dia berharap ada solusi yang diambil pemerintah agar perekonomian tetap sehat. Antara lain, ada pos APBN yang ditujukan bagi pembangunan infrastruktur di bidang pertanian, transportasi, maupun energi.

“Semua itu dapat menciptakan lapangan kerja. Sehingga, kenaikan harga BBM ini betul-betul bisa bermanfaat untuk rakyat, di samping juga pemerintah punya program untuk membantu kelompok masyarakat miskin yang akan terdampak,” tukas pria yang saat ini duduk menjadi anggota DPR Fraksi Nasdem 2014-2019 itu.

Selain itu, dia meminta Presiden Joko Widodo tetap konsisten dengan janji pada saat kampanye lalu. “Kita menyarankan kepada pemerintah agar konsisten dengan visi misi Presiden Jokowi untuk memperlancar investasi dengan menyederhanakan atau menghapus berbagai macam bentuk perizinan yang menghambat investasi dalam investasi di bidang perdagangan,” tutupnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca