Effendy Simbolon: Jangan Salahkan Rakyat Pengguna BBM Subsidi

1

Jakarta – Di tengah rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), politisi PDIP Effendy Simbolon mengingatkan semua pihak jangan menyalahkan 105 juta rakyat pengguna BBM bersubsidi jika saat ini terjadi subsidi BBM memberatkan APBN.

Effendy meyakini, rakyat juga sebenarnya tidak mau menggunakan BBM bersubsidi. Sebab, tidak ada rakyat yang mau miskin. “Jadi jangan mudah menyalahkan,” katanya di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (15/11).

Oleh karena itu, dia menyarankan, pemerintah sebaiknya mengambil langkah konkrit di sektor energi. Dia mencontohkan, negara tetangga Singapura yang kapasitas kilang minyaknya selalu bertambah, meskipun negara tersebut bukanlah pengguna BBM.

“Jauh sebelum kita melakukan menata BBM, harus melakukan langkah-langkah konkrit di sektor energi dan transportasi masal,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga perlu membuka berapa sebenarnya harga dasar perliter BBM yang dikonsumsi. Sebab, selama ini harga dasar BBM seolah menjadi misteri.

Harga dasar BBM penting diketahui jika Indonesia belum mau berpindah dari BBM berbasis fosil. “Apakah sama harga belanja dari kita impor crude dan kita produksi sendiri,” tandasnya.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca