Dwi Soetjipto : Pertamina Siap Jalankan Keputusan Pemerintah Terkait Harga BBM

0
Direktur Utama Pertamina, Dr. Ir. Dwi Soetjipto, MM

Surabaya – Direktur Utama PT. Pertamina, Dwi Soetjipto menyampaikan kesiapan Pertamina dalam menjalankan keputusan pemerintah terkait penurunan harga BBM. Dwi meyakinkan bahwa ketersedian stok premium maupun LPG diberbagai daerah aman hingga beberapa bulan kedepan.

“Stok aman, baik BBM maupun elpiji. Untuk BBM, stok kita bertahan sampai 22 hari, untuk gas sampai 18 hari,” ungkap Dwi Soetjipto di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (17/1).

Dwi Soetjipto yang juga merupakan alumni ITS tersebut, menjelaskan bahwa Pertamina siap menjalankan keputusan pemerintah yang menurunkan harga BBM dan elpiji serentak mulai Senin (19/1). “Pertamina dan seluruh jaringan SPBU siap menjual dengan harga sesuai yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Harga yang telah ditetapkan pemerintah sesuai yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada Jumat (16/1) terdiri dari tiga ketegori, yaitu umum, penugasan dan subsidi. Sementara harga dimasing masing wilayah sudah ditetapkan juga menyesuaikan dengan pajak bahan bakar di daerah yang berbeda-beda.

“Untuk di luar Jawa kecuali Bali harus sama. Bali bisa berbeda karena pajak bahan bakar bisa lebih tinggi,” jelas Dwi Soetjipto.

Sebagaimana diketahui Presiden Jokowi telah mengumumkan harga baru untuk BBM dan elpiji yang mulai berlaku Senin 19 Januari 2015. Harga premium dari Rp7.600 menjadi Rp6.600 per liter. Sedangkan, harga solar dari Rp7.250 menjadi Rp6.400 per liter. Sementara elpijii 12 kilogram dari Rp134.700 menjadi Rp129.000 per tabung.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca