Demo Buruh 10 Desember Mengusung 5 Tuntutan

1
Kepolisian Amankan-Jalannya Demo Buruh di Surabaya

Jakarta – Demo buruh yang akan dilakukan secara nasional mulai besok, Rabu 10 Desember hingga Kamis 11 Desember, akan mengusung 5 tuntutan kepada pemerintah. Aksi ini dilakukan oleh berbagai elemen organisasi buruh seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konferedasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan 40 lebih elemen lainnya.

Aksi yang juga dilakukan oleh buruh di seluruh provinsi di Indonesia dengan mendatangi kantor Gubernur setempat, menyuarakan hal yang sama, yang mereka sebut 5 tuntutan buruh Indonesia.

Berikut 5 tuntutan buruh dalam aksi unjuk rasa tersebut :

1. Menolak kenaikan harga BBM padahal harga minyak dunia saat ini telah turun/rendah. Kenaikan harga BBM ini mengakibatkan daya beli buruh turun hingga 50% serta kenaikan upah min(UMP/UMK) tidak dinikmati buruh.

2. Mendesak para gubernur se Indonesia harus merevisi nilai UMP/UMK sekitar Rp 3 jutaan keatas dan menaker harus merevisi khl mjd 84 item. Hal ini tak lepas akibat dampak kenaikan harga BBM.

3. Jalankan jaminan pensiun wajib mulai tahun 2015 dengan mengesahkan RPP pensiun bulan ini.

4. Perbaiki jaminan kesehatan untuk rakyat dan buruh dengan cara menambah anggaran Penerima Bantuan Iuran (PBI) menjadi Rp 30 triliun dan mengganti sistem INA CBGs dengan Fee For Service.

5. Hapus sistem kerja outsourcing terutama di BUMN. Presiden Jokowi harus berani menghapus outsourcing ini sebagai bukti implementasi revolusi mental melawan perbudakan modern.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca