Dalam Semalam Kekayaan Jack Ma Naik Rp60 Trilyun

4
Pendiri Alibaba Corp, Jack Ma
Pendiri Alibaba Corp, Jack Ma
Pendiri Alibaba Corp, Jack Ma

Jakarta – Kejutan demi kejutan terus muncul seiring dengan Initial Public Offering (IPO) yang dilakukan Alibaba, raksasa Online dari China. Kali ini kejutan datang dari sesi penutupan perdagangan pada jumat (19/9) waktu New York, dimana nilai saham Jack Ma, pendiri Alibaba, naik sebesar US$ 5 milyar atau setara Rp60 trilyun.

Sesuai laporan yang dilansir New York Stock Exchange (NYSE), harga saham Alibaba pada penutupan perdagangan kamis (18/9) US$ 68 perlembar dan saham yang dikuasai Jack Ma senilai US$ 13 Milyar atau setara Rp155 Trilyun.

Antusiasme pelaku pasar yang sangat tinggi membuat nilai saham Alibaba meroket pada sesi penutupan Jumat (20/9), menjadi US$93,89 perlembar, naik 38% dari perdagangan sehari sebelumnya. Akibatnya nilai saham yang dimiliki Jack Ma sang pendiri Alibaba juga naik drastis dalam semalam menjadi US$18 Milyar setara Rp216 Trilyun. Hanya dalam semalam pundi pundi kekayaan mak naik sebesar US$5 Milyar atau setara Rp60 trilyun

Alibaba, perusahaan online dari China ini dibangun Ma di Apartemennya yang sempit 15 tahun lalu, kini memiliki aset senilai US$231 milyar atau setara Rp2.772 trilyun dengan asumsi rate dolar Rp12.000. Pada IPO yang dilakukan di NYSE, Alibaba menjual sebanyak 12,75 juta lembar saham dari total 206,1 juta lembar saham atau sekitar 6,16% saja.

Akibat lonjakan nilai saham tersebut, tidak saja Ma yang makin tebal pundi-pundi nya. Konglomerat asal Jepang Masayoshi Son, CEO Softbank, juga melonjak kekayaannya sebesar US$16,6 milyar. Akibat lonjakan kekayaan ini, Masayoshi menjadi orang terkaya di Jepang. Softbank menguasai 34% dari keseluruhan saham Alibaba Group.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca