Bank Indonesia adakan Seminar Nasional; Indonesia Kiblat Baru Keuangan Syariah Dunia

1

Indonesia-Kiblat-Ekonomi-Syariah-Dunia

Surabaya – Bank Indonesia mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Indonesia: Kiblat Baru Keuangan Syariah Dunia” pada Kamis, (6/11) bertempat di Dyandra Convention Centre (DCC) Surabaya. Seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah 2014 yang diadakan oleh Bank Indonesia, berlangsung dari tanggal 3 – 9 November di Surabaya.

Narasumber dalam seminar nasional ini terdiri dari Prof . Dr. Suroso Imam Zadjuli, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec, Pakar Ekonomi Syariah dan Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia, Ascarya, Deputi Direktur Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral, Bank Indonesia, Dr Rifki Ismal, Asisten Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia, Dr. Raditya Sukmana, MA, Ketua Program Studi Magister Sains Ekonomi Islam Universitas Airlangga Surabaya, Prof Iwan Tri Yuwono, Universitas Brawijaya, Muhammad Thoriq, MBA, Deputi Direktur Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan Syariah, Dr Suminto Sastrosuwito, Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementian Keuangan , dan Adiwarman Karim, Founding Partner KARIM Consulting Indonesia.

Seminar nasional ini dibuka secara langsung oleh Dr Iskandar Simorangkir, Direktur Eksekutif, Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral (PRES), Bank Indonesia.

“Indonesia sebagai negara dengan ummat Muslim terbesar di dunia, memiliki potensi pasar yang sangat luar biasa dalam sumber daya,baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, termasuk di dalamnya potensi pengembangan perekonomian dalam khazanah ekonomi berbasis Syariah” jelas Iskandar.

Seminar nasional ini terdiri dari tiga sesi, sesi pertama mengangkat fundamental perekonomian syariah di Indonesia, sesi kedua membicarakan Mikro Keuangan Syariah di Indonesia, serta sesi ketiga membicarakan terkait potensi Indonesia sebagai basis industry strategis keuangan syariah global.

Seminar ini dihadiri oleh praktisi perbankan syariah, praktisi lembaga keuangan mikro, dosen dan mahasiswa ekonomi syariah se Indonesia.

MENARIK DIBACA

loading...

Tanggapan Pembaca